Minggu, 10 Juli 2011

Robot UI, Pandji Asmorobangun Menari di PPKI 2011

JAKARTA - Robot penari berpakaian merah itu sangat menarik perhatian para pengunjung Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011. Robot yang bernama Pandji Asmorobangun ini menarikan tarian Klono Topeng. Robot
Pandji Asmorobangun adalah salah satu kreasi mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang ditampilkan dalam PPKI 2011. Hingga 10 Juli mendatang, Pandji Asmorobangun akan menghibur para pengunjung hall pendidikan PPKI di Jakarta Convention Center (JCC).

Selain UI dan Pandji Asmorobangunnya, ada delapan perguruan tinggi lain yang terlibat dalam kegiatan tahunan ini, yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (USM), Universitas Riau (Unri), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS).

Kampus-kampus tersebut memamerkan berbagai karya teknologi dan kreativitas buatan para civitas academica mereka. PENS, misalnya. Mereka memamerkan tiga generasi robot penari pendet yang mereka ikut sertakan dalam ajang tahunan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

"Wah, seru ya. Matanya bisa bergerak ke sana ke mari seperti penari betulan," celetukan salah seorang pengunjung terdengar ketika melihat demo si robot penari, Rabu (6/7/2011).

ITB juga memamerkan robot pemenang kontes robot internasional tahun ini, Yaqut. "Kami juga memamerkan bidang astronomi," kata pembina tim ITB, Chatief Kunjaya kepada okezone.

UMM memboyong rancang bangun jembatan yang membuat mereka menjuarai kontes jembatan, sementara Unpad memperkenalkan teknologi operasi mata tanpa jahitan.   

Tiap tahun, perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memang diundang untuk meramaikan PPKI. Selain kampus, puluhan stan SMK juga unjuk karya dalam berbagai bidang.